Tugas UT Modul 7 dan 8 IDIK4010 : Komputer dan Media Pembelajaran

IDIK4010 : Komputer dan Media Pembelajaran

TUGAS 1




oLEH :
Candra WIRANATA
8123415678


Universitas terbuka
Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Program STUDI S1 pGSD
Upbjj - KENDARI POKJAR WAKANDA
2017.1

Modul  7
1. Apa yang di maksud dengan Pendekatan kontekstual ?
Jawab :
Pendekatan kontekstual Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
2. Apa kelebihan dari Pendekatan kontekstual ?
Jawab :
Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa karena siswa bekerja dan mengalaminya, mampu mempertautkan dan memanfaatkan pengetahuan maupun keterampilan yang mereka pin oleh di sekolah dalam proses belajar di kehidupan mereka sehari-riari, dan melalui penugasan, siswa belajar bekerja sama untuk menyelesaikan masalah (problem-based learning) dan saling menghargai sehingga hubungan antarsiswa akan lebih harmonis.
3. Apa Peran Penting Pendekatan kontekstual  Pentingnya pendekatan kontekstual dalam pembelajpada pembelaaran saat ini.
Jawab :
Masa kini lebih didasarkan pada berbagai kelebihan yang dimiliki, dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran yang konvensional.
4. Apa tujuan dari Pendekatan kontekstual
Jawab :
Melalui pendekatan pembelajaran yang demikian diharapkan siswa mendapatkan perubahan yang bermanfaat bagi dirinya sebagai hasil dari belajar.
5. Jeleskan dasar dari Pendekatan kontekstual
Jawab :
Pendekatan kontekstual mendasarkan diri pada kecenderungan pemikiran tentang belajar seperti pada proses belajar; transfer belajar; siswa sebagai pembelajar, dan pentingnya lingkungan belajar.
6. Jelaskan arti kata kontekstual
Jawab :
Kontekstual diambil dari kata asalnya dalam Bahasa Inggris, yaitu contekstual berarti yang berhubungan dengan konteks atau dalam konteks.
7. Jelaskan Apa yang di maksud dengan konteks :
Jawab :
Konteks pula membawa maksud keadaan, situasi, dan kejadian. Secara umum, kontekstual membawa pengertian: 1. yang berkenaan, relevan, ada hubungan atau kaitan langsung, mengikuti konteks; 2. yang membawa nyaksud, makna, dan kepentingan (meaningful).
8. Jelaskan Pembelaran Kontektual menurut John Dewey
Jawab :
Pembelajaran kontekstual didasarkan pada hasil penelitian John Dewey (1916) yang menyimpulkan bahwa siswa akan belajar dengan baik jika apa yang dipelajari terkait dengan apa yang telah diketahui dan dengan kegiatan yang atau peristiwa yang akan terjadi di sekelilingnya. Pembelajaran ini menekankan pada daya pikir yang tinggi, transfer ilmu pengetahuan, mengumpulkan dan menganalisis data, memecahkan masalah-masalah tertentu, baik secara individu maupun kelompok.
9. Pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPS pada prinsipnya adalah agar siswa secara naluriah memiliki sense of reality, artinya memiliki ....
Jawab :
dorongan ingin melihat kenyataan
10. Upaya guru dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis dalam pendekatan pembelajaran kontekstual dapat diawali dengan ....
Jawab :
Memberikan pertanyaan
11. Pembelajaran yang bernuansa life skills yang dapat menjadikan siswa memiliki kecakapan hidup dalam pergaulannya dinamakan.....
Jawab :
social skill
12. Salah satu metode dalam Pendekatan Kontekstual yang dapat mendorong kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang ditemui selama pembelajaran dengan bekerja sama dengan siswa lainnya dinamakan ....
Jawab :
Cooperative Learning
13. Menciptakan kelompok-kelompok belajar, baik di dalam maupun di luar kelas, sehingga siswa akan saling bertukar pikiran serta dapat saling membantu temannya dalam belajar disebut....
Jawab :
learning community
14. Ciri-ciri penilaian autentik dalam Pendekatan Pembelajaran Kontekstual,
Jawab :
A. dilaksanakan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung
B. menggunakan berbagai cara dan berbagai sumber
C. tes hanya salah satu alat pengumpul data penilaian
15. Guru perlu menyisakan sedikit waktu pada akhir pembelajaran, untuk berpikir tentang apa yang baru dipelajari atau berpikir ke belakang tentang apa-apa yang sudah dilakukan di masa lalu dalam proses pembelajaran kontekstual merupakan kegiatan ....
Jawab :
refleksi

Modul 8
1. Jelaskan Kedudukan Konsep ilmu di masyarakat?
Jawab :
Kedudukan konsep ilmu, teknologi dan kemasyarakatan semakin penting dalam era masyarakat modern yang banyak menimbulkan masalah-masalah kompleks. Kenyataan ini akan semakin dirasakan apabila dianalisis lebih jauh bahwa pemecahan masalah-masalah tersebut menghendaki adanya dukungan dari berbagai disiplin ilmu.
2. Mengapa IPS mempunyai peran penting di lembaga pendidikan ?
Jawab :
IPS sebagai mata pelajaran di lembaga persekolahan mempunyai peran yang sangat strategis. Hal ini terbukti dengan banyaknya ide atau pemikiran dari para ahli seperti Robert E. Yager, yang memasukkan Ilmu (Science), Teknologi (Technology) dan Masyarakat (Society) - ITM/STS- baik sebagai bidang aplikasi dan koneksi, kreativitas dan sikap, maupun konsep dan proses.
3. Jelaskan Konsep ITM menurut Remy!
Jawab :
Remy (1990) mengemukakan konsep ITM memberikan kontribusi secara langsung terhadap misi pokok IPS, khususnya dalam mempersiapkan warga negara yang: (1) memahami ilmu pengetahuan di masyarakat; (2) pengambilan keputusan warga negara; (3) membuat koneksi antar pengetahuan; (4) mengingatkan generasi pada sejarah bangsa-bangsa beradab.
4. Jelaskan tujuan IPA untuk sekolah menurut Noris !
Jawab :
Melalui suatu studi “Project Synthesis”, Noris Harms mengembangkan tujuan IPA (Science) untuk persekolahan, sbb.: (1) IPA (Science) untuk memenuhi kebutuhan pribadi individu; (2) IPA (Science) untuk memecahkan persoalan-persoalan kem?syarakatan masa kini; (3) IPA (Science) untuk membantu dalam memilih karier; (4) IPA (Science) untuk mempersiapkan studi lanjutan.
5. Jelaskan aapa yang dimaksud dengan ITM
Jawab :
Ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat (ITM) merupakan istilah yang diterapkan sebagai upaya untuk memberikan wawasan kepada siswa secara nyata dalam mengkaji ilmu pengetahuan. Konsep ITM mencakup keseluruhan spektrum tentang peristiwa-peristiwa kritis dalam proses pendidikan, meliputi tujuan, kurikulum, strategi pembelajaran, evaluasi dan persiapan, serta penampilan guru.
6. Jelaskan ciri dari ITM !
Jawab :
Ciri dasar eksistensi ITM adalah lahirnya warga negara yang berpengetahuan yang mampu memecahkan masalah-masalah krusial dan mengambil tindakan secara efisien dan efektif.
7. Lahirnya konsep ilmu, teknologi dan masyarakat dalam pembelajaran IPS merupakan ....
Jawab
alternatif pemecahan masalah dalam era masa kini
8. Pendidikan untuk warga negara yang baik sebagai salah satu tujuan dalam Studi Sosial (IPS) semakin kompleks dan sulit dicapai akibat kemajuan dalam ilmu dan teknologi. Pernyataan ini dikemukakan oleh ....
Jawab :
Richard C. Remy
9. Berikut ini adalah kontribusi ITM secara langsung terhadap misi pokok IPS menurut Richard emy, kecuali ....
Jawab :
menjamin generasi yang sejahtera
10. Berikut ini adalah contoh dampak negatif dari kemajuan dalam teknologi ....
Jawab :
terancam punahnya binatang buas di hutan lindung
11.  Keunggulan langkah-langkah pengambilan keputusan yang sistematis dalam mempelajari isu-isu ilmu, teknologi dan masyarakat dalam pembelajaran IPS ialah, kecuali ....
Jawab :
mendorong sikap antusias dan ambisius
12. Tujuan IPA menurut Noris Harms yang mempersiapkan individuindividu menggunakan ilmu pengetahuannya untuk meningkatkan kehidupan mereka termasuk tujuan untuk ....
Jawab :
memenuhi kebutuhan pribadi individu
13.  Pembelajaran konsep ilmu pengetahuan, teknologi dan masyarakat (ITM) dalam IPS merupakan jawaban langsung atas tujuan IPA dari Project Analysis yang dikemukakan oleh Harms,....
Jawab  :
memecahkan persoalan-persoalan kemasyarakatan masa kini membantu dalam memilih karier mempersiapkan studi lanjutan
14. Pendekatan interdisipliner atau multidisipliner mengandung pengertian yang menekankan pada aspek....
Jawab :
bahan pembelajaran
15. Berikut ini adalah tiga alternatif pendekatan atau strategi untuk mengembangkan ITM dalam pengajaran IPS menurut Richard C. Remy kecuali.....
Jawab :
A. infusi ITM ke dalam mata pelajaran yang ada
B. perluasan melalui topik kajian dalam mata pelajaran
C. penciptaan/pembuatan mata pelajaran yang baru

Modul 9

1. Jelaskan pembelajaran interaktif dalam IPS!
Jawab :
Pengembangan model pembelajaran interaktif dalam IPS dapat dilakukan oleh guru pada semua pokok bahasan, dengan syarat harus memperhatikan sembilan hal yakni: motivasi, pemusatan perhatian, latar belakang siswa dan konteksitas materi pelajaran, perbedaan individual siswa, belajar sambil bermain, belajar sambil bekerja, belajar menemukan dan pemecahan permasalahan serta hubungan sosial.
2. Jelaskan Peran guru dalam pembelajaran interaktif!
Jawab :
Dalam kegiatan pembelajaran interaktif, guru berperan sebagai, motivator, fasilitator, mediator, evaluator, pembimbing, dan agen pembaru. Dengan demikian, kedudukan siswa dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas memiliki peran aktif, di mana aktivitasnya dapat diukur dari kegiatan memperhatikan, mencatat, bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan mengerjakan tugas, baik tugas kelompok maupun tugas individual.
3. Jelaskan model pembelajaran interaktif?
Jawab :
Model pembelajaran interaktif memiliki relevansi dengan strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran lainnya, di antaranya adalah: pembelajaran inkuiri, pembelajaran pemecahan masalah, dan pembelajaran dialog kreatif. Dalam kegiatan pembelajaran interaktif, Guru dapat mengembangkan teknik bertanya efektif atau melakukan dialog kreatif dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa.
4. Jelaskan komponen yang harus di kuasi guru dalam memberikan pertanyaan!
Jawab :
Beberapa komponen yang harus dikuasai oleh guru dalam menyampaikan pertanyaan yaitu: pertanyaan harus mudah dimengerti oleh siswa, memberi acuan, pemusatan perhatian, pemindahan giliran dan penyebaran, pemberian waktu berpikir kepada siswa serta pemberian tuntunan. Sedangkan jenis pertanyaan untuk pengembangan model dialog kreatif ada enam jenis yaitu: pertanyaan mengingat, mendeskripsikan, menjelaskan, sintesis, menilai, dan pertanyaan terbuka.
5. Jelaskan strategi untuk meningkatkan interaksi belajar siswa
Jawab :
Untuk meningkatkan interaksi dalam proses belajar mengajar, guru hendaknya mengajukan pertanyaan dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan jawabannya dan menjadi dinding pemantul atas jawaban siswa.
6. Jelaskan langkan pembelajaran interaktif
Jawab :
Terdapat tujuh langkah kegiatan pembelajaran interaktif, yaitu: persiapan, pengetahuan awal, eksplorasi, pertanyaan siswa, penyelidikan, pengetahuan akhir, dan refleksi.
7. Apa yang di maksud dengan kegiatan pembelajaran !
Jawab :
Kegiatan pembelajaran adalah merupakan proses interaksi antar komponen pembelajaran sehingga terjadi interaksi edukatif.
8. Sebutkan Komponen – Komponen Pembelajaran
Jawab :
Komponen pembelajaran terdiri atas: guru, siswa, RPP, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media dan sumber belajar, dan tujuan pembelajaran.  Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran harus secara totalitas sehingga guru dituntut memiliki kemampuan memfasilitasi siswa belajar.
9. Sebutkan empat model pembelajaran
Jawab :
Terdapat empat model pembelajaran yaitu: model pembelajaran pemrosesan informasi, model pembelajaran interaksi sosial, model pembelajaran personal, dan model pembelajaran behavioral.
10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pembelajaran interaktif
Jawab :
Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan siswa secara aktif, menyenangkan, dan memotivasi perkembangan intelektual siswa adalah model pembelajaran interaktif.
Model pembelajaran interaktif memiliki landasan falsafah konstruktivisme. Model pembelajaran ini disebut juga pendekatan pertanyaan siswa. Dalam penggunaannya, model pembelajaran interaktif ini harus memperhatikan sembilan faktor, yaitu minat dan perhatian, motivasi, latar atau konteks, perbedaan individu, sosialisasi, belajar sambil bermain, belajar sambil bekerja, proses inkuiri, dan memecahkan masalah. Kegiatan pembelajaran interaktif didasarkan pada terjadinya dialog transaksional, yaitu interaksi antara guru dengan siswa dan antar siswa dalam transaksi akademik-edukatif.
11. Jelaskan pelaksanaan pembelajaran interaktif
Jawab :
Model pembelajaran interaktif dalam pelaksanaannya dapat menggunakan pembelajaran inkuiri, pembelajaran pemecahan masalah, dan strategi dialog kreatif. Terdapat tujuh langkah kegiatan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran interaktif, yaitu persiapan, pengetahuan awal, pertanyaan siswa, penyelidikan, pengetahuan akhir, dan refleksi.
12. Jelaskan apa yang di maksud dengan sumber belajar
Jawab :
Salah satu komponen pembelajaran adalah sumber belajar (learning resources), yaitu semua hal yang penggunaannya dapat memperlancar proses dan pencapaian hasil belajar siswa. Fungsi sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran meliputi tiga wilayah, yakni fungsi untuk kegiatan pembelajaran, fungsi untuk siswa, dan fungsi untuk guru. Secara umum, sumber belajar dapat dikelompokkan menjadi empat kategori berdasarkan jenisnya, yaitu benda, manusia, karya ilmiah, dan lingkungan. Sekolah memiliki banyak sumber belajar, untuk itu guru harus memiliki kompetensi mendayagunakan sumber belajar tersebut dalam kegiatan pembelajaran.
13. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat atau asal untuk belajar seseorang. Pernyataan tersebut adalah pendapat....
Jawab :
Roestyah (1991) mengemukakan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat atau asal untuk belajar seseorang.
14. Buku sumber sebagai sumber belajar memiliki keterbatasan, terutama dalam ....
Jawab :
Salah satu kelemahan buku sumber atau sumber bahan adalah sajian
fakta aktual yang sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini. karena mungkin tahun terbitnya sudah lama.
15. Lingkungan sebagai sumber belajar memiliki daya dukung dan daya hambat. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
Jawab :
Soedomo (1989) mengatakan bahwa aspek lingkungan yang bersifat mendukung bagi efektivitas kegiatan pembelajaran adalah kekayaan dan daya pasok (accessibility) sumber belajar.
Tugas UT Modul 7 dan 8 IDIK4010 : Komputer dan Media Pembelajaran Tugas UT Modul 7 dan 8 IDIK4010 : Komputer dan Media Pembelajaran Reviewed by Candra on 4:36 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.